Foto Jurnalistik

Jaringan Fotografi Jurnalistik Lombok & Indonesia

 

Jaringan foto jurnalistik VISUALIZE ialah perkumpulan fotografer yang mengabdikan diri sebagai pengambil foto jurnalistik. Sebuah jaringan fotografer jurnalis yang sudah lama menjadi delegasi berbagai kantor berita nasional dan internasional untuk kawasan Lombok dan Indonesia.
Foto jurnalistik merupakan bagian yang tidak bisa lepas dari dunia jurnalistik. Fotografi jurnalistik berbeda dengan bidang fotografi lainnya karena menggunakan bahasa visual sebagai penyampai pesan kepada masyarakat luas, namun tetap terikat kode etik.
Ada etika yang harus dijunjung tinggi dalam setiap pengambilan foto jurnalistik, ada pesan dan berita yang akan disampaikan, batasan-batasan yang tidak boleh dilanggar serta momentum yang wajib ditampilkan dalam sebuah frame. Bagian terpenting yang harus ada dalam diri fotografer jurnalistik di Lombok adalah mengambil foto dengan nilai-nilai kejujuran yang didasarkan pada fakta obyektif.
Foto adalah kebutuhan yang sangat vital dalam dunia jurnalistik. Sebab, foto menjadi salah satu daya tarik bagi pembaca dan merupakan pelengkap berita yang berupa tulisan. Dengan penggabungan keduanya, yakni kata-kata dan gambar membuat peristiwa terlihat lebih nyata serta pembaca seolah-olah diikutsertakan sebagai saksi dari peristiwa tersebut.
Esensi dari foto yang diambil oleh agen foto jurnalistik di Lombok ialah gambar mampu bercerita atau seolah memaparkan peristiwa yang terjadi. Sehingga bisa disimpulkan bahwa kelebihan foto adalah sebagai medium komunikasi visual yang menjadikan berita lebih mudah dicerna dibanding tulisan yang membutuhkan tenaga dan pikiran.
Fotografi jurnalistik di Lombok yang beratap di VISUALIZE selalu menerapkan teknik foto dengan unsur-unsur berikut:

Ide

Fotografer tidak boleh hanya melihat suatu kejadian, melainkan harus belajar dari ide supaya dapat mengetahui sesuatu yang akan terjadi.

Latar belakang

Fotografer harus mengetahui cerita di balik ide dan kemana arah cerita tersebut.

Sumber daya manusia

Fotografer wajib mempunyai kemampuan untuk menampilkan cerita dalam bentuk foto.

Lokasi

Untuk mencapai orisinalitas karya dan believeability, fotografer juga harus turun langsung ke lapangan atau lokasi kejadian.

Assembly

Foto yang telah diambil harus dikembangkan supaya menjadi rangkaian yang lebih utuh.

Itulah hal yang kami titik beratkan pada semua jaringan fotografer jurnalistik kami untuk memenuhi kebutuhan foto kantor berita nasional, surat kabar nasional, atau pun portal berita online. Maka, tidak ada alasan lagi untuk menaruh keraguan pada VISUALIZE.

Salam Fotografi dari

Fotografer Lombok & Indonesia

Komunikasikan Bersama VISUALIZE!

  • /